Sunday, July 8, 2012

Contribution on The Spot, PPSDMS angkatan VI Regional V Bogor

Oleh:Rizal Eko Kurniawan, Supriatna, Tantan Taopik Rohman, Wibawa Furqona,
Yayat Nurhidayat Syahron
Pada 8 Juli 2012 pukul 08.00-10.00 di Pasar Anyar Bogor


          BOGORContribution on the spot merupakan salah satu bentuk pembinaan di asrama Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis Nurul Fikri (PPSDMS NF) regional V, Bogor. Pada program ini, peserta PPSDMS diturunkan langsung ke lapangan untuk berkontribusi secara nyata kepada masyarakat.

Sejumlah 25 orang peserta dibagi menjadi lima kelompok yang ditempatkan di tempat yang berbeda. Setiap kelompok hanya diberi waktu dua jam untuk menentukan dan melakukan kontribusi apa yang akan diberikan kepada masyarakat. Lima kelompok tersebut tersebar di lima titik di kota Bogor, yaitu Pasar Kaget Bara, Taman Rektorat IPB, Terminal Laladon, Stasiun Bogor, dan Pasar Anyar.

Kelompok lima yang diketuai oleh Rizal (FKH) melakukan kegiatan sosialisasi kebersihan pasar kepada para pedagang di Pasar Anyar. Sebelum melakukan aksi sosialisasi, kelompok ini terlebih dahulu menentukan beberapa titik di Pasar Anyar yang dianggap kebersihannya kurang terkondisikan dengan baik. “Tumpukan sampah mencapai sekitar sepuluh meter kubik perhari di Blok D Pasar Anyar,” kata Saeful Bachri, seorang petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan di Pasar Anyar.

Setelah melakukan servei lokasi, kelompok yang beranggotakan Pri (Fahutan), Tantan (FMIPA), Furqon (FMIPA), dan Yayat (FMIPA) melanjutkan aksi sosialisasi tersebut dengan memunguti sampah-sampah yang berserakan di titik-titik yang telah ditentukan. Selain itu, para anggota kelompok juga membantu petugas kebersihan mengankut sampah-sampah yang telah ditumpukkan ke kendaraan pengangkut sampah.

Tidak hanya membantu mebersihkan sampah, kelompok lima juga membagi-bagikan trash bag kepada para pedagang di Pasar Anyar untuk tempat sampah. Aksi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pedagang terhadap kebersihan di Pasar Anyar.

Bogor, 8 Juli 2012





No comments:

Post a Comment